Rabu, 27 Februari 2013

meningkatkan optimasi SEO


CARA MENINGKATKAN
Artikel Blog : Cara Untuk Meningkatkan Optimasi SEO Dengan Kata Kunci Dalam Penjualan Produk UKM memiliki pengaruh sangat besar dalam mengembangkan blog atau web kita. Dalam optimasi SEOkata kunci adalah kumpulan kata-kata yang digunakan untuk menemukan halaman web atau blog. Pemilihan kata kunci yang tepat akan menentukan posisi di search engine. Untuk sekedar mengingatkan, kebanyakan peselancar internet termasuk pemula lebih menyukai judul atau topik yang tampil pada halaman pertama dari hasil pencarian dengan kata kunci yang mereka masukkan di mesin pencari. Kecenderungan ini kemungkinan karena adanya asumsi bahwa yang mereka cari di halaman pertama adalah yang paling mewakili dari semua topik serupa yang ada di dalamnya. Kecenderungan lainnya adalah mungkin para pengguna internet tidak mau berlama-lama mencari di halaman lain karena mereka memiliki waktu terbatas.

Banyak webmaster dan para pebisnis atau pemasaran online menceritakan tentang bagaimana menemukan kata kunci yang terbaik, optimasi keyword yang lebih bertarget sehingga mereka mendapat keuntungan yang lebih tinggi, naiknya visitor ke blog mereka, serta keberhasilan lainnya  yang berhubungan dengan bisnis online.
Kata kunci merupakan hal penting agar blog kita mendapat tempat yang baik di mesin pencari (Google, Yahoo, MSN). Sebagai contoh jika seseorang yang ingin mempelajari  SEO bagi pemula, kemudian ia mengetik kata “ belajar seo pemula “ di search engine google. Maka akan muncul ribuan bahkan jutaan posting di hasil pencarian. Nah, saat blog atau website kita berada di page 1, maka akan ada peluang orang tersebut untuk mengunjungi blog kita. Saya sendiri beranggapan  bahwa banyak orang lebih memilih mengunjungi blog yang berada di page pertama atau urutan 1 – 10. Maka dari itu mengapa sebagai seorang blogger terutama bagi wirausahawan di bidang UKM, sangat penting untuk mempelajari kata kunci atau keyword, tentu saja apabila mereka memang ingin mengembangkan usahanya dengan pasar yang lebih luas.

Pentingnya Kata Kunci Untuk Meningkatkan Peluang Pemasaran
Kata kunci akan berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis atau usaha kita secara online. Tidak sebatas bisnis online yang benar-benar menggunakan materi virtual, namun juga dengan barang-barang atau produk-produk nyata secara fisik. Sebagai contoh seorang blogger yang mempunyai blog yang dipasangi iklan Adsense. Maka ia akan memilih strategi dan metode yang dibutuhkan misalnya bagaimana cara menarik visitor atau pengunjung blog, memilih HPK (high paying keyword), sehingga ia akan mendapatkan keuntungan yang optimal. Contoh lain misalnya seorang pebisnis online yang ingin melakukan promosi bisnisnya melalui website, maka ia pun tidak akan lepas dengan mempelajari kata kunci agar website miliknya dikenal banyak orang.
Nah, bila komponen di atas lebih kepada bagaimana pengusaha berbisnis dengan orientasi keuntungan virtual yaitu bagaimana website itu lebih didatangi pengunjung terutama dalam hubungannya dengan bisnis virtual di dalamnya, bagi para penggiat UKM tentu saja sangat bermanfaat dalam memperkenalkan dan memasarkan produk-produk usaha secara fisik, sebagai contoh yaitu promosi pemasaran dan penjualan produk kerajinan tangan atau handicraft, penjualan pupuk pertanian, pemasaran pakaian-pakaian trendi berkualitas dengan harga ekonomis, penjualan produk-produk makanan ringan dengan komoditi jamur dan lain-lain. Intinya media blog atau website dengan pengunjung atau traffic yang banyak datang ke blog atau website berpotensi memiliki peluang besar untuk menggugah rasa untuk memiliki dan menggunakan barang produk usaha yang kita promosikan secara nyata dalam kehidupan yang sebenarnya.  Tentu saja bagi penggiat UKM harus memiliki metode dan cara untuk meningkatkan traffic pengunjung blog yang dapat meningkatkan peluang penjualan produk UKM tersebut.
Nah, adapun cara meningkatkan peluang usaha dengan  kata kunci dalam optimasi SEO memerlukan perhatian dan pemahaman mengenai kata kunci dan SEO itu sendiri. Hal-hal tersebut (dengan menggunakan referensi dari blogger (carapada) antara lain yaitu :
1. Kata kunci dalam URL 
Kata kunci dalam URL dari situs web. Saya berpendapat hal ini membantu dalam posisi website pada kata kunci tersebut. Sebagai contoh: Untuk pencarian "cara membuat blog" domain http://www.caramembuatblog.com , mungkin berada pada  posisi yang baik. 
2. Kata kunci dalam judul atau "title"
Ini adalah salah satu yang paling penting karena isi tag "Judul" akan ditampilkan di search engine. 
3. Keyword dalam konten atau posting artikel itu sendiri
Merupakan pertimbangan penting untuk menentukan relevansi kata kunci. Selain itu kita juga harus mempertimbangkan keyword density atau kepadatan kata kunci.
4. Kata kunci dalam teks link
Juga penting karena menentukan subjek halaman yang sedang diakses. 
5. Kata kunci dalam header tag H1, H2 ...
Hal ini penting untuk mengukur apa yang bisa digunakan pada header tag H1, H2, H3 ...untuk hal ini membutuhkan keahlian tertentu mengenai script atau bahasa pemrograman 
6. Kata Kunci pada awal postingan 
Kata kunci di awal, dari berbagai referensi yang saya baca, akan memberikan posisi yang baik pada mesin pencari. 
7. Kata kunci dalam atribut alt
Spider tidak dapat membaca gambar dan diagram, sehingga spider akan mengindeks atribut alt pada gambar.
8. Kata kunci dalam meta tags 
Hal ini juga penting, untuk menempatkan keyword pada meta tags description dan keyword. Saya mengibaratkan ketika kamu masuk perpustakaan dan mencari buku berjudul sejarah kerajaan-kerajaan kuno di Asia , maka kamu akan memilih rak dengan kategori sejarah kemudian mencari  buku tersebut. Begitu juga google, Secara sederhana saya berpendapat bahwa spider akan mengindeks meta tags deskripsi kemudian judul posting. 
Selain hal di atas ada sedikit hal yang mungkin juga harus kamu pelajari dalam optimasi SEOdan memahami berbagai hal mengenai kata kunci.
9. Kepadatan  kata kunci
Adalah kedekatan antara kata kunci. Misalnya dalam membuat posting. Kepadatan kata kunci adalah rasio dari sebuah kata atau frase untuk total kata dalam teks. Misalnya, untuk sebuah teks dari 100 kata, jika sebuah kata muncul 5 kali, kepadatan adalah 5%.
10. Frase kata kunci
Ini adalah konsep penempatan kata kunci yang membentuk frase kunci. Misalnya, “belajar SEO”, "belajar SEO bagi pemula", “ SEO untuk pemula”,  
11. Kata kunci sekunder
Mengoptimalkan kata kunci sekunder untuk mendukung kata kunci utama berdasarkan kompetensi . Misalnya jika kata kunci utama “ cara membuat twitter”. Kita dapat memilih keyword sekunder misalnya “cara mudah membuat twitter” ,”cara bikin twitter baru”. Kemudian keyword tersebut kita tempatkan dalam postingan.
12. Sintaksis kata kunci
Jika kita membuat kesalahan mengetik kata kunci dalam blog kita, mungkin akan berpengaruh dalam pencarian di search engine. Sehingga sebelum memposting artikel, sebaiknya kita memilih judul yang tepat dan teliti dulu apakah terjadi kesalahan penulisan dengan melakukan koreksi, karena ketika sudah diposting meski sudah diedit, url tidak akan berubah. Misalnya kamu membuat judul posting “ cara membuat kerupuk mujair”, namun salah ketik jadi “ cara membuwat kerupuk”. Untuk itu diperlukan jurus-jurus jitu mengenai bagaimana Cara Untuk Menulis Artikel Blog yang Menarik Mengenai Usaha dan Produk UKM, tentu saja bagi anda yang bergerak di bidang UKM.
Itulah hal-hal yang patut dipahami mengenai kata kunci dan SEO dalam hubungannya untuk meningkatkan peluang usaha melalui internet. Memang sedikit membutuhkan pemahaman yang lebih luas, namun bila dilakukan perlahan dan cermat, maka kesuksesan itu akan semakin mudah untuk diraih. Semoga hal ini bermanfaat bagi dunia usaha UMKM di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

adsensecamp

Total Tayangan Laman

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini