Rabu, 27 Februari 2013

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Optimasi SEO Image

7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Optimasi SEO Image

seo-image




Mengoptimasi atau mengoptimalkan suatu gambar sangatlah penting dalam rangka meningkatkan SEO blog kita, selain sebagai sarana meningkatkan SEO, mengoptimalkan gambar juga bisa sebagai .



- Gambar adalah salah satu sumber traffic bagi suatu blog yang berasal dari Google Image, maka dari itu kita perlu mengoptimasi gambar agar lebih mudah menempatkan di posisi pertama Google Image.

Adapun hal hal yang harus sobat perhatikan saat mengoptimalkan SEO Image, berikut ulasan saya :


Hal #1 - Nama Gambar.

Gambar yang bernama "Optimasi-SEO.jpg" lebih baik dimata Google, dari pada yang memiliki nama "basds-3141.jpg". Untuk alasan ini, penting untuk mengubah nama dari setiap gambar di blog sobat. Nama gambar adalah keyword, tentu yg memiliki keyword pada gambar akan memiliki peluang besar dalam persaingan Google Image.

Silahkan sobat perhatikan saat mencari sebuah gambar di Google Image, rata rata semua gambar yang berada di posisi atas memiliki nama kata kunci yang sobat ingin cari.


Hal #2 - Penggunaan Kata Kunci Gambar.

Pada saat yang sama, sobat dapat meningkatkan kemungkinan bahwa gambar di blog sobat akan ditampilkan dalam hasil Google Image dengan mengoptimalkan penggunaan ALT Text. Dua cara berikut dapat sobat pakai untuk mengoptimalkan gambar :
  1. Pemakaian ALT Text Pada Setiap Gambar.
  2. Kata Kunci Disekitar Gambar.
Kedua elemen diatas dapat memberikan informasi tambahan untuk robot crawler tentang subjek gambar. Hanya berhati-hatilah untuk tidak over-mengoptimalkan salah satu dari unsur-unsur tersebut. Gunakan kata kunci target dengan cara alami.

Penggunaan kata kunci pada gambar harus diperhatikan, gunakan 1 keyword utama, dan beberapa keyword tambahan atau keyword variasi agar gambar tersebut memiliki lebih banyak peluang menempati posisi tertinggi di Google Image.

Penggunaan ALT memang sangatlah mudah, tetapi banyak kasus yang saya temui, bahwa banyak blogger yang tipe pelupa dalam penggunaan ALT Text ini.

Read :


Hal #3 - Format / Extensi Gambar.

Sekarang, menurut pernyataan Google, tidak ada satu jenis format / extensi gambar yang diprioritaskan. Google mampu mengindeks bmp, gif, jpg, png, dan gambar WebP svg. Sehingga secara teoritis, extensi / format mana saja dapat di gunakan untuk mengoptimasi seo gambar.

Namun, banyak saya temui bahwa gambar yang berekstensi atau format JPG, cenderung lebih baik posisinya dalam Google Image. Maka disini saya menyarankan bagi sobat untuk memakai ekstensi JPG pada gambar, GIF untuk gambar animasi.


Hal #4 - Ukuran Gambar.

Ukuran suatu gambar harus diperhatikan. Mengapa ??, karena pemakain ukuran gambar yang tepat sangatlah penting dalam menjaga loading halaman tetap ringan. Loading berat akan mempengaruhi user, tentu user akan merasa jengkel berada di halaman tersebut. Pastilah halaman sobat mendapatkan posisi yg buruk, begitu juga gambar yang berada di halaman tersebut juga akan mendapat posisi yang buruk di Google Image.

Saya disini menyarankan kepada sobat untuk memakai ukuran yang sedang, dan gunakan berbagai tools untuk mengcompress gambar tersebut tanpa mengurangi kualitasnya agar loading halam menjadi ringan.

Read :


Hal #5 - Kualitas Gambar.

Kualitas gambar menjadi prioritas Google Image untuk menempatkan suatu gambar dalam penilaiannya. Google memberikan data data kepada pembaca dari yang paling baik kualitasnya (relevan no copas), sama halnya dengan Google Image juga memberikan hasil pencarian dengan kualitas yang paling baik.

Buatlah gambar semenarik mungkin, ini bisa saja menjadi peluang sobat untuk menjaring visitor dari Google Image.


Hal #6 - Memberikan Credit Gambar.

jika sobat mengambil gambar dari situs penyedia gambar, maka sobat harus memberikan kredit kepada fotografer atau pencipta gambar tersebut. Dengan melakukan ini kita akan menghormati fotografer / pencipta gambar dan sobat akan berada di tempat yang aman setelah memberi credit pada gambar.

Saya katakan berada di tempat yang aman karena beberapa gambar memiliki hak cipta dan sobat bisa berada dalam kesulitan saat menggunakan gambar tersebut dalam konten blog sobat tanpa izin. Jadi hargailah mereka (pencipta gambar).


Hal #7 - Relevansi Gambar Pada Konten.

Saya telah melihat banyak blogger yang menggunakan gambar tidak relevan dalam artikel. Sebagai contoh sobat membuat konten tentang Blogging Tips, tetapi memakai gambar "Doraemon" apakah relevan ??? TIDAK.

0 komentar:

Posting Komentar

adsensecamp

Total Tayangan Laman

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini