Jumat, 25 Januari 2013

Polri Minta Tolong Tangani Konflik di Daerah


Polri Minta Tolong Tangani Konflik di Daerah

Bagus Santosa - Okezone
Jum'at, 25 Januari 2013 17:16 wib
Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)
Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

"Tolong lihat masalah secara jernih, permasalahan itu tidak terjadi tiba-tiba. Selalu dari hulu yang tidak pernah tersentuh, masalah Sumbawa orang kecelakaan kok jadi seperti itu," kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Suhardi Alius, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (25/1/2013).

Menurutnya, komunikasi dan menghilangkan sikap sentimentil merupakan penangkal dari kerusuhan. "Kalau dengan komunikasi pasti selesai. Kalau tidak ada perasaan tertentu sentimen tertentu, sentimen itu ada di subjek masing-masing, sentimen itu harus digarap persuasif semua pihak bukan hanya polisi," jelasnya.

Suhardi mengatakan, keterlibatan elemen lain perlu dilakukan untuk menangani masalah yang terjadi di hulu. Sehingga konflik bisa dilokalisir dan tidak membesar.

"Kejadian di Lampung, masalah sepeda jadi seperti itu, Sumbawa juga demikian, sedikit-sedikit langsung keluar. Mari kita bergandengan tangan. Ini bukan pembiaran asal muasal kasus, bukan tugas kepolisian saja. Bagaimana bertentangga, bermasyarakat dengan baik, itu bukan tugas kepolisian saja. Yang penting penanganan harus terintegrasi, kementerian-kementerian terkait," jelasnya.

Sebelumnya, 33 orang sudah dijadikan tersangka dalam kerusuhan di Sumbawa. 27 orang diantaranya ditetapkan sebagai pelaku penjarahan, sedangkan enam orang lainnya sebagai pelaku pembakaran.

Kerusuhan yang terjadi pada 22 Januari lalu. Diduga dipicu kecelakaan tunggal yang menimpa anggota polisi, Brigadir Eka Gede Suwarjana dan Arnati pada 19 Januari lalu.

0 komentar:

Posting Komentar

adsensecamp

Total Tayangan Laman

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini