Jumat, 25 Januari 2013

Partai Gagal Lolos, Yusril Bakal Gugat KPU

Partai Gagal Lolos, Yusril Bakal Gugat KPU

Rizka Diputra - Okezone
Jum'at, 25 Januari 2013 01:03 wib
Yusril Ihza Mahendra (Foto: Dok. Okezone)
Yusril Ihza Mahendra (Foto: Dok. Okezone)

"Saya sedang siapkan gugatan meminta pengadilan untuk batalkan SK KPU yang loloskan 10 partai ikut Pemilu karena verifikasi dilakukan melanggar UU," kata Yusril, di Jakarta, Kamis (24/1/2013).

Yusril mengaku, dirinya telah mengumpulkan alat bukti dan saksi untuk memperkuat pembuktian adanya dugaan praktik kecurangan oleh KPU yang mengandung unsur dugaan tindak penipuan. "Ini bukan sengketa pemilu yang tunduk pada mekanisme penyelesaian melalui Bawaslu, PTTUN dan MA, tapi sengketa tata usaha negara biasa," terangnya.

Mantan Menteri Hukum dan HAM ini menambahkan, SK KPU tentang verifikasi partai yang lolos maupun tidak lolos merupakan keputusan pejabat TUN yang bersifat individual, kongkrit, final dan membawa akibat hukum.

"SK KPU bisa digugat oleh perorangan diluar partai yang merasa dirugikan, tanpa melalui mekanisme penyelesaian sengketa parpol dengan KPU," smbung Yusril.

Pakar Hukum Tata Negara ini juga menuturkan, jika saja SK yang meloloskan 10 partai dibatalkan pengadilan, maka jadwal Pemilu bisa jadi berantakan. "Itu bukan salah saya. KPU yang bertanggungjawab," katanya.

Atas dasar itulah pihaknya kan melakukan perlawanan hukum yang sah dan konstitusional. "Tak seorang pun secara hukum bisa hentikan dan halangi perlawanan yang dia lakukan.
Prinsipnya tiji tibeh, mati siji mati kabeh," pungkas dia.

0 komentar:

Posting Komentar

adsensecamp

Total Tayangan Laman

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini