Jumat, 25 Januari 2013

MKH Diminta Segera Proses Hakim Daming

MKH Diminta Segera Proses Hakim Daming

Rizka Diputra - Okezone
Jum'at, 25 Januari 2013 09:04 wib
Ilustrasi (Foto: dok Okezone)
Ilustrasi (Foto: dok Okezone)

"Bisa mengajukan soal pelanggaran tersebut untuk diproses di Majelis Kehormatan Hakim (MKH). Perkara sanksi akan ditetapkan sesuai bobot kesalahan," ujar Anggota Komisi Hukum DPR, Eva Kusuma Sundari kepada Okezone, di Jakarta, Kamis (24/1/2013) malam.

Menurut Eva, sanksi tegas perlu diberikan karena Daming telah merugikan para perempuan dan anak korban (discouragement) yang mencari keadilan. Ditambah lagi wajah MA yang tertampar karena kualitas calon hakim agung jalur karier ternyata sangat tidak sensitif gender.

"MA harus mem-punish diri dengan menarik pembelajaran dari kasus ini, memperbaiki sistem (refreshment training, workshop) sehingga bisa memunculkan hakim-hakim yang knowledge able dan sensitif terhadap undang-undang yang progresif dan pro HAM perempuan dan anak plus rekrutmen dan endorsement hakim-hakim agung perempuan,"

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, RUU KUHP juga harus dibuat responsif terhadap isu gender dan anak dalam konteks kasus kejahatan seksual, sebagai proteksi hukum terhadap korban kejahatan seksual.

0 komentar:

Posting Komentar

adsensecamp

Total Tayangan Laman

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini