Jumat, 25 Januari 2013

Antisipasi Banjir Ibu Kota, Waduk Cimanggis Disiapkan


 

Antisipasi Banjir Ibu Kota, Waduk Cimanggis Disiapkan

Marieska Harya Virdhani - Okezone
Jum'at, 25 Januari 2013 14:41 wib wib
Banjir di Jakarta (Foto: Dok Okezone)
Banjir di Jakarta (Foto: Dok Okezone)
DEPOK - Pemprov DKI Jakarta mulai bahu membahu dengan Pemerintah Kota penyangga untuk ikut menanggulangi banjir ibu kota. Salah satu bentuk kerja sama yang dibangun adalah pengadaan waduk di Depok dan Bogor.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kota Depok M Munir menegaskan siap mendukung penanggulangan banjir Jakarta dengan menyiapkan lahan untuk membangun waduk di Cimanggis, Depok.

"Terkait dengan pembuatan waduk Cimanggis itu dananya dari APBN. Cimanggis dan Ciawi. Kita belum survei, memang baru rencana," katanya kepada wartawan di Balaikota, Jumat (25/1/2013).

Untuk itu, lanjut Munir, perlu ada pembebasan lahan yang anggarannya akan ditanggung APBN. Namun Munir belum tahu persis berapa hektar luas waduk tersebut karena masih dalam proses pembahasan.

"Enggak tahu berapa hektarnya, kita hanya ketempatan lahan. Belum ada konfirmasi, baru perencanaan. Rapat juga belum. Mungkin dengan Wali Kota sudah, antara pusat dan daerah sudah komunikasi, kalau dengan gubernur belum," paparnya.

Menurut Munir, waduk tersebut berguna untuk menahan air sehingga air limpasan ke Jakarta berkurang. Munir memprediksi, lokasi waduk tersebut berada di daerah sekitar lokasi yang alirannya mengarah ke sungai Kalibaru, Cimanggis, Depok.

"Jadi air bisa ditahan dulu. Tentu pembangunannya harus kuat dan kokoh, sehingga tak terjadi jebol seperti Gintung, konstruksinya harus betul-betul kuat dan tahan lama," ungkapnya.

0 komentar:

Posting Komentar

adsensecamp

Total Tayangan Laman

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini