Sabtu, 10 November 2012


Terharu….., Ada Jalan Baru “Windu” … !!!

22 08 2011 Baru-baru ini saya begitu kaget, tetapi sekaligus juga gembira karena melihat ada nama plang jalan terbilang baru yang sepertinya baru dipasangkan dengan nama tulisan WINDU. Ya, ada jalan Windu sekarang di Kuningan yang membentang mulai Desa Karangtawang (di perbatasan dengan Desa Lengkong) ke arah Barat, yang berarti termasuk jalan raya Desa Karangtawang – Desa Winduhaji sampai ke Kelurahan Awirarangan. Jalan Windu di Awirarangan berarti bersambungan dengan Jalan Jendral Sudirman, yaitu jalan yang membentang mulai dari perempatan Toserba Terbit (timur alun-alun kota Kng) sampai ke daerah Bojong Awirarangan.
Penyuluhan verifikasi parpolMengapa saya respek dan gembira ada nama Jalan Windu ? Sebab memang pemberian nama Jalan Windu berarti sesuai dengan nama legendaris tokoh dalam sejarah Kuningan. Yang berarti si pemberi nama jalan (yang punya ide) tidak lupa dengan Sejarah Kuningan. Seperti yang sudah saya kupas dalam pembicaraan (artikel) lalu bahwa dalam ceritera Sejarah Kuningan pernah populer nama WINDU. Walaupun Windu di sini bukan nama untuk memberi nama orang, tetapi nama seekor kuda, yakni kuda tunggangan sekaligus kuda perang milik penguasa Kuningan (Sang Adipati Kuningan) di abad pertengahan (abad XV), Kuda Windu adalah lambang atau simbol kehebatan kuda milik masyarakat Kuningan tempo dulu. Dari Kuda Windu inilah hingga sekarang muncul istilah tentang kehebatan orang Kuningan dengan sebutan “kecil-kecil kuda Kuningan”, walaupun kecil perawakannya tetapi tangguh, hebat, gesit & lincah. Karena memang dalam sejarahnya dulu Si Windu ini pernah menjadi pahlawan bagi juragannya ketika dia ditunggangi untuk berperang melawan musuhnya yang menunggang gajah.
“Hebat lah pokona mah Si Windu itu”. Jadi sangat pantas nama Windu itu diabadikan oleh masyarakat Kuningan untuk dijadikan nama jalan. Persoalannya sekarang ternyata masih banyak masyarakat awam yang belum mengenal dan mengerti apa itu nama “Windu”, koq dijadikan nama jalan ? katanya. Memang dalam hal ini perlu sosialisasi pihak Pemda untuk mempopulerkan nama “Windu”. Bisa gak ya..???

0 komentar:

Posting Komentar

adsensecamp

Total Tayangan Laman

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini