Minggu, 21 Oktober 2012


membuat jejaring sosial seperti facebook ternyata gampang
Finally! saya menulis lagi :D , setelah beberapa minggu disibukkan dengan kegiatan Akreditasi sekolah dan persiapan PLPG.
Mengawali bulan Agustus, dan tepat di hari ke-11 bulan Ramadhan, serta di hari keberangkatan saya untuk berjuang demi mendapatkan sertifikat pendidik……….. (kumat lebay-nya :P ), maka akan saya tandai dengan tulisan yang ringan tapi mengenyangkan….. yaitu tentang Jejaring sosial!
Pernahkah anda berpikir untuk menciptakan sebuah komunitas (jejaring sosial) sendiri?? Jika tidak, maka anda tidak sendiri, saya pun begitu.. :D
Dulu… saya tidak pernah berpikir untuk membuat jejaring sosial sendiri sebab saya merasa sudah cukup, dengan memanfaatkan jejaring sosial yang ada, seperti facebook untuk bekomunikasi dengan teman-teman, rekan kerja maupun keluarga.
Anda pasti setuju jika saya bilang Facebook adalah jejaring sosial yang paling populer saat ini. Yah, Siapa yang tidak mengenalFacebook? Jejaring sosial ciptaan Mark Zuckerberg ini telah merampas perhatian hampir semua pengguna internet. Facebook memang dapat dianggap sebagai pelopor jejaring sosial, meski sebelum facebook dilahirkan, telah banyak jejaring sosial yang mendahuluinya.
Gara-gara facebook pula, banyak social networking developers yang berlomba-lomba menciptakan jejaring sosial yang serupa dengan facebook, kemudian menawarkannya ke pengguna internet, baik secara gratis maupun yang berbayar.
Anda patut berterima kasih, karena berkat kreatifitas  mereka-lah, sekarang kita bisa membuat jejaring sosial (komunitas) sendiri layaknya facebook, dengan cara yang sangat mudah, tanpa menuntut kemahiran dalam pemprograman php, asp, html, css, javascript atau pemprograman web lainnya dan gratis pula!
Begitu banyak jenis pilihan jejaring sosial instant yang bisa kita pilih, salah satunya yang bisa anda pilih adalah Wall.fm. Wall.fmadalah sebuah situs yang menyediakan fasilitas untuk membuat website berbasis social networking secara gratis. Melalui situs ini, anda dapat membuat jejaring sosial sendiri dengan sangat mudah, tinggal klak klik aja… jadi deh!
Penerapan jejaring ini bisa anda manfaatkan untuk Forum Alumni, misalnya. Atau komunitas MGMP, komunitas Guru di sekolah dan seterusnya. Seperti yang sudah saya buat ini, Forum komunikasi Alumni Smkn 3 Jombang. Meski masih terlihat kosong, karena anggotanya hanya 1, yaitu saia… tapi setidaknya anda bisa mendapatkan gambaran, apa saja yang bisa anda lakukan pada jejaring sosial ini.
Wes ! Jika anda tertarik dan ingin membuatnya,  silahkan ikuti jejak saya :)
1. Bukalah browser anda, dan ketikkan http://wall.fm
2. Pada kotak isian “Grab your address:“, isilah dengan alamat domain yang diinginkan, misalnya alumni-smkn3-jbg. Maka domain wall.fm akan ditambahkan dibelakan alamat yang sudah anda isikan.
3. Jika alamat yang anda pilih (no.2) tersedia, maka akan ditampilkan formulir isian “Basic Setting“. Isilah formulir tersebut sesuai dengan identitas website yang akan anda buat.
Pada bagian akhir formulir, berilah tanda centang pada pilihan I’m at least 18 years old dan I agree to Wall.fm terms of use.
4. Selanjutnya klik Next step! Maka akan ditampilkan isian Choose theme.
http://amiroh.web.id/wp-content/uploads/2012/07/social-networking1-300x150.png
Pilihlah dengan mengeklik jenis theme yang anda sukai pada bagian Available theme.
5. Selanjutnya klik Next Step. Maka akan tampil isian Choose Plan. Ada 4 jenis pilihan, Free/Starter/Pro/Ultimate.
Meski saya tahu kalau anda akan memilih paket yang free… namun sebaiknya anda lihat2 dan baca dulu fasilitas-fasilitas yang ada pada masing-masing paket. Jika anda sudah mantaf dengan pilihan anda, silahkan gulung layar monitor ke bawah dan klik tombolStart Free > untuk memilih paket gratis.
Jika anda memilih paket gratis, anda akan mendapatkan space 250 MB dengan bandwidth 2500 MB.. Lumayan lah…
6. Nah, tahap akhir dari pendaftaran adalah mengisi identitas kita pada formulir Sign Up. Isilah semua pertanyaan, termasuk email anda. Dan klik tombol Sign Up.
7. Selanjutnya, periksalah email anda, karena Wall.fm telah mengirimkan sebuah email user verification untuk mengaktifkan account anda. Kliklah teks Clicking here daaaaan…. Berhasil!!! Anda sudah berhasil menciptakan jejaring sosial sendiri!
http://amiroh.web.id/wp-content/uploads/2012/07/social-networking2-300x142.jpg
Selanjutnya, anda bisa melakukan pengaturan lebih lanjut seperti mengatur tampilan/theme, user roles, main setting, user setting dan seterusnya pada Admin area/Dashboard.
Tidak begitu sulit untuk menjelajahi Admin area/dashboard Wall.fm ini. Jadi tunggu apa lagi…..langsung aja ke TKP!
Selamat mencoba, mudah2an bermanfaat, doakan saya lulus PLPG ya … :D

0 komentar:

Posting Komentar

adsensecamp

Total Tayangan Laman

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini