Jumat, 19 Oktober 2012


Penyakit langka dan misterius dialami oleh seorang pemuda Brazil. Pemuda berusia 21 tahun itu didiagnosa mengidap cutis verticis gyrata, kondisi yang membuat kepalanya berbentuk seperti otak.

Dua tahun sebelum diagnosa, kepala sang pemuda masih dalam kondisi normal. Namun tiba-tiba saja mulai dari rambut dan kulit kepala membentuk lipatan-lipatan yang mirip dengan bagian otak.

Menurut keterangan Dr. Karen Schons dari Hospital Universitario de Santa Maria di Brazil, tak ada sejarah penyakit tersebut dalam keluarga si pemuda. Sang pemuda juga mengaku tak pernah mengalami gejala apapun yang memicu perubahan kepalanya.

Dr. Karen menambahkan kalau sang pemuda sama sekali tak berniat menyamarkan kondisinya. "Si pasien tak punya kebiasaan untuk menutupi kepalanya. Kondisi ini tak mempengaruhinya dari segi penampilan," ujar Dr. Karen.

Dalam beberapa kasus sejenis, penyakit tersebut bisa memicu schizophrenia dan kejang-kejang. Satu-satunya tindakan yang bisa dilakukan untuk menangani pengidap cutis verticis gyrata adalah operasi. Namun biayanya relatif mahal dan belum tentu efektif.

Read more: baca selengkapnya

0 komentar:

Posting Komentar

adsensecamp

Total Tayangan Laman

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini