Jumat, 19 Oktober 2012


Apple harus mengakui kekalahannya lagi dalam sidang banding perkara hak paten di pengadilan tinggi Inggris. Dalam pengadilan tersebut dikatakan bahwa Samsung Galaxy Tab tidak melanggar hak paten iPad dari Apple.

Keputusan pengadilan mengatakan meski desain fisik Samsung Galaxy Tab memiliki kemiripan dengan iPad Apple, namun Samsung tidak melanggar desain Apple. Pasalnya, desain yang digunakan Samsung tidak sebagus iPad.

Pengadilan juga memerintahkan Apple untuk mengeluarkan pernyataan di media massa dan website Apple tentang Samsung Galaxy Tab yang tidak melanggar hak patennya. Hakim yang memimpin pengadilan banding di Inggris, Judge Kitchin, mengatakan bahwa tulisan tersebut harus minimal menggunakan ukuran font Ariel 14. Keputusan ini berlaku di seluruh Eropa dan melarang dua perusahaan besar itu melanjutkan sengketa hukumnya di wilayah tersebut.

Sementara itu, setelah mendapat keputusan dari pengadilan, Samsung mengeluarkan pernyataan terkait kemenangannya. Samsung menilai desain tablet berbentuk segi empat dengan pinggiran membulat sudah banyak digunakan sebelum Apple memutuskan untuk memakai desain tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih atas putusan pengadilan yang mengatakan Galaxy Tab tidak melanggar desain paten Apple," ucap pihak Samsung. "Kami terus percaya bahwa Apple bukanlah perusahaan pertama yang membuat desain tablet berbentuk segi empat dengan pinggiran membulat."

"Kami yakin desain tersebut sudah banyak yang memakai sebelum Apple," lanjut pihak Samsung. "Jika Apple terus berusaha memperkarakan paten mereka di negara lain, itu akan menghambat inovasi dan mengurangi kebebasan konsumen untuk memilih produk."

Bukan kali ini saja Apple kalah dalam pengadilan hak patennya. Sebelumnya, Apple juga pernah kalah dalam tuntutan hak paten teknologi dengan Samsung saat di pengadilan di Hague, Belanda. Selain itu, Apple juga pernah dikalahkan Samsung di pengadilan Jerman.

Read more: baca selengkapnya

0 komentar:

Posting Komentar

adsensecamp

Total Tayangan Laman

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini