Minggu, 17 Juni 2012

CARA SEDERHANA FLASH HP NOKIA


CARA FLASH HP NOKIA

Semakin canggih teknologi yang diusung oleh sebuah ponsel, maka kemungkinan ponsel tersebut rusak dikarenakan terserang virus juga semakin tinggi. Hal ini dikarenakan sistem yang dipergunakannya membuat teknologi virus dapat menyerang ponsel tersebut. Hal ini semakin dimaklumi dengan semakin mudahnya perpindahan data dari ponsel ke ponsel, ponsel ke komputer dan komputer ke ponsel.
Bagi anda pengguna ponsel Nokia seri N ke bawah, mungkin anda pernah atau bahkan sedang mengalami sebuah keadaan dimana ponsel anda error karena kondisinya yang kritis akibat serangan virus kemudian mengendap dan terus merusak sistem ponsel. Beberapa ciri ponsel error diantaranya adalah layar ponsel blank dan yang terlihat hanya tulisan Nokia saja yang hal ini juga berarti ponsel dalam istilah komputer tidak dapat booting dan masuk ke sistem operasi yang terinstall di dalamnya.
Cara Flash HP Nokia
Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki dan mencoba mencari solusi dari permasalahan ponsel Nokia error ini adalah dengan melakukan sebuah tindakan yang dinamai Flash. Flashing disini bukanlah nama sebuah program melainkan sebuah cara reparasi/reset ponsel Nokia yang sudah terserang virus.

Tata Cara Flash HP Nokia : Persiapan

Sebelum anda melakukan Flash, pastikan anda telah mem-backup semua data penting pada ponsel. Pastikan anda senantiasa melakukan backup data penting dari ponsel ke komputer secara berkala guna menghindari kejadian dimana data hilang atau tidak dapat diakses karena ketika ponsel anda rusak maka secara otomatis data tidak dapat diakses. Lepaskan pula memory card yang terpasang pada ponsel guna mencegah hal yang tidak diinginkan.

Langkah / Tata Cara Flash HP Nokia

Setelah Anda melakukan langkah di atas, sekarang handphone/mobile phone Anda telah siap untuk di-flash. Berikutnya, langkah yang perlu anda lakukan untuk melakukan Flash pada ponsel Nokia anda adalah sebagai berikut:
  1. Anda harus memastikan baterai ponsel terisi penuh atau minimal 50% guna memastikan baterai dapat bertahan selama proses Flash dilakukan
  2. Matikan ponsel karena proses Flash dilakukan dengan awal ponsel dalam keadaan mati
  3. Pada keypad tekan 3 tombol yakni tombol YES, * dan angka 3 secara bersamaan. Tombol Yes yang kami maksud adalah tombol dial telepon.
  4. Sambil tetap menekan ketiga tombol pada poin 3, tekan tombol On. Tahan hingga ponsel anda berkedip-kedip. Ketika ponsel menyala maka ponsel sudah berada pada kondisi awal alias sudah diformat sehingga menjadi seperti semula saat anda pertama membelinya dalam keadaan baru.
Perlu anda catat bahwa setelah proses Flash selesai dilakukan, maka semua data pada ponsel akan terhapus alias hilang. Jadi keadaan ponsel memang sudah benar-benar kembali ke kondisi awal saat ponsel masih baru dimana ponsel terbebas dari berbagai data dan pengaturan yang sudah diubah.

Data Hilang Setelah Melakukan Flash?

Pada paragraf sebelumnya kami sebutkan untuk mencabut memory card yang terpasang pada ponsel anda karena jika tidak maka ada kemungkinan besar memory card anda terkunci setelah proses Flash selesai dilakukan. Proses Flash ini mirip dengan proses pemformatan pada komputer anda dimana data yang tersimpan pada sistem ada kemungkinan terhapus.
Cara Flash ini dapat menjadi solusi dan berhasil 90% dalam mengatasi error pada ponsel Nokia seri N ke bawah. Sementara untuk seri E hanya berhasil pada beberapa tipe saja. Jika ternyata ponsel anda masih error alias anda tidak berhasil melakukan pemformatan alias Flash ponsel Nokia, maka cara berikutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan mendatangi service center untuk melakukan perbaikan ponsel. Biaya jasa Flash pada ponsel Nokia di beberapa tempat service biasanya dipasang tarif Rp. 75.000. pada tempat service proses Flash biasanya dengan mempergunakan bantuan alat.

Cara Flash HP Nokia – Penutup

Demikian catatan ringan kami untuk melakukan flashing pada HP Nokia yang Anda miliki. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar